SMK YAPIM COMPRENG (PEMASARAN)

Bersama Mambangun Bangsa Dengan Akhlakul Karimah

Menemukan Peluang Baru Dari Pelanggan

RANGKUMAN MATERI

ULANGAN UMUM SEMETER GENAP

SMK YAPIM COMPRENG

TAHUN PELAJARAN 2011/2012

 

 

Kompetensi                   : Menemukan Peluang Baru Dari Pelanggan

KKM                                  : 7,5

Guru Pembimbing       : Jarkasih

 

 

Pemasaran memiliki fokus bagaimana agar kita dapat merubah suatu kebutuhan menjadi suatu keinginan

Tujuan pemasaran adalah mengenal dan memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya

Proses pemasaran terdiri dari analisa peluang pasar, meneliti dan memilih pasar sasaran, merancang strategi pemasaran, merancang program pemasaran, dan mengorganisir, melaksanakan serta mengawasi usaha pemasaran.

Lima langkah yang harus dilaksanakan oleh Perusahaan dalam melaksanakan orientasi konsumen diantaranya : Menentukan kebutuhan umum, Menentukan kelompok pembeli yang akan dituju, Mengadakan riset konsumen, Membedakan produk serta pesan pesannya, Strategi pembedaan keuntungan.

pengertian (motivasi perusahaan terhadap) pelanggan :

  • Pelanggan adalah bagian terpenting dalam usaha suatu Perusahaan
  • Pelanggan adalah orang yang tidak tergantung pada diri kita tapi sebaliknya kitalah yang tergantung padanya
  • Pelanggan adalah orang yang memperhatikan perhatian penuh terhadap produk produk yang kita tawarkan

dua macam pelanggan yaitu Eksternal dan internal

pelanggan eksternal adalah orang diluar industri yang menerima suatu produk (end-user)

Beberapa hal yang diperlukan pelanggan eksternal adalah

  • kesesuaian dengan kebutuhan akan produk, harga yang kompetitif
  • kualitas dan realibilitas, pengiriman yang tepat waktu
  • pelayanan purna jual

pelayanan yang diterima konsumen setelah barang tersebut diterima oleh konsumen adalah pelayanan purna jual

hal yang diperlukan pada pelanggan internal

1)     kerja kelompok dan kerjasama,

2)     struktur dan sistem yang efisien,

3)     pekerjaan yang berkualitas dan

4)     pengiriman yang tepat waktu.

orang yang melakuakan proses selanjutnya dari suatu pekerjaan (“next process”) adalah pelanggan internal

Mempertahankan pelanggan lebih penting dari pada memikat pelanggan baru, sebab mempertahankan pelanggan melalui pemenuhan kepuasan pelanggan akan memberikan implikasi seperti:

  • Mengatakan hal-hal yang baik tentang perusahaan kepada orang lain
  • Kurang memperhatikan merk dan iklan produk pesaing
  • Membeli produk lain dari perusahaan yang sama

Kepuasan pelanggan adalah ungkapan yang menyenangkan dari pelanggan berdasarkan penilaiannya (perception) terhadap apa yang telah dia terima dibandingkan harapannya

Kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh pengalamannya terdahulu/ sebelumnya sedangkan harapan pelanggan berkembang seiring waktu & volume transaksi/interaksi

Kebutuhan adalah keadaan dimana manusia merasa tidak memiliki kepuasan dasar

Keinginan adalah hasrat akan pemuas tertentu dari kebutuhan tersebut

Permintaan adalah keinginan akan sesuatu yang didukung dengan kemampuan serta kesediaan membelinya

Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan pelanggan

Pentingnya suatu produk fisik bukan terletak pada kepelikannya tetapi pada jasa yang dapat diberikannya. Oleh karena itu dalam membuat produk harus memperhatikan produk fisik dan jasa yang diberikan produk tersebut

konsumen akan membeli suatu produk setelah melalui proses : attention (perhatian) à interest (minat) à desire (keinginan) à action (aksi/membeli)

konsep pemasaran adalah : production conceps (konsep produksi), product concept (konsep produk), selling concept (Konsep penjualan), marketing concept (konsep pemasaran), societal concept (konsep sosial).

Kepuasan konsumen adalah Sasaran utama marketing Consep (konsep pemasaran)

tiga komponen penting dalam marketing konsep yaitu : customer needs and want – organizationally integreted marketing strategy -  goals

Dasar pemikiran yang terkandung dalam konsep pemasaraan kemasyarakatan adalah :

  • Keinginan konsumen tidak selalu segaris dengan kepentingan jangka panjang mereka maupun kepentingan jangka panjang masyarakat
  • Para konsumen akan bertambah yang memilih organisasi yang menunjukan minat terhadap keinginan dan kepentingan jangka panjang masyarakat
  • Tugas organisasi adalah melayani pasar yang menjadi sasaran dan cara membuahkan hasil tidak hanya terpuaskannya keinginan tetapi sekaligus juga terpenuhinnya kesejahteraan perorangaan maupun masyarakat dalam jangka panjang sebagai kunci untuk menarik langganan dan mempertahankannya

faktor yang mempengaruhi pola konsumsi adalah : Penghasilan yang diperoleh, Pendidikan, dan Agama/kepercayaan

Faktor-faktor penentu  yang dapat menentukan besar kecilnya permintaan konsumen adalah :

  • Penghasilan konsumen dan Harga barang yang ditawarkan
  • Selera konsumen dan Harga barang lainnya
  • Perubahan susunan penduduk dan Penghasilan konsumen

Permintaan potensial adalah Permintaan yang menunjukkan intensitas pelanggan terhadap kegunaan suatu barang tanpa memikirkan daya beli terhadap barang tersebut

Permintaan efektif adalah Permintaan yang menunjukkan intensitas pelanggan terhadap kegunaan suatu barang dengan memikirkan daya beli terhadap suatu barang tersebut, istilah lainnya yaitu permintaan yang nyata dan permintaan efektif merupakan kebalikan dari permintaan potensial

Permintaan tak terjamin adalah Permintaan yang dinyatakan di pasar dalam suatu penawaran harga barang barang dan jasa tetapi karena berdasarkan tingkatan harganya, permintaan tersebut tak dapat terpuaskan baik oleh penjual maupun pembeli

Strategi pemasaran adalah Suatu rencana yang sudah ditentukan oleh perusahaan dalam bidang pemasaran untuk mencapai suatu tujuan

Penentuan strategi pemasaran dapat dilaksanakan oleh manajemen pemasaran dengan cara :

  • mencari para konsumen yang potensial
  • memberikan kepuasan pada para pembeli
  • melaksanakan marketing mix dan melaksanakan segmentasi pasar

Lingkungan Demografis/Lingkungan Kependudukan Demografis termasuk lingkungan mikro perusahaan

Produc (produk), Price (harga), Place (tempat), dan Promotion (promosi) yang dikenal dengan 4P adalah perwujudan Marketing mix

Tujuan riset pasar yang paling utama adalah untuk memperoleh Informasi antara lain :

  • Perkiraan besarnya permintaan akan produk yang dipasarkan
  • lapisan pasar yang dapat dipilih
  • Keadaan perusahaan pesaing

Hukum permintaan Bila harga suatu barang turun, maka, jumlah barang yang diminta lebih banyak, makin tinggi harga maka makin sedikit jumlah barang yang diminta.

Suatu rencana yang sudah ditentukan oleh perusahaan dalam bidang pemasaran untuk mencapai suatu tujuan, disebut Strategi pemasaran

Ada dua lingkungan yang mempengaruhi strategi pemasaran yaitu Lingkungan makro dan lingkungan mikro

Dalam marketting Mix suatu perusahaan akan sangat memperhatikan produk yang akan ia jual, tempat ia menjual produknya, harga yang sesuai dengan kualitas serta kemampuan daya beli masyarakat, dan Promosi terhadap produk tersebut

Suatu produk bukan diukur berdasarkan harganya, atau berdasarkan manfaatnya, atau berdasarkan kegunaanya, atau berdasarkan ukuran dan volumenya. namun produk tersebut diukur dari segi Seberapa besar jasa yang diberikan produk tersebut kepada konsumen.

 

 

Catatan.

Untuk lebih lengkapnya silahkan kalian lihat modul  Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan pada buku penjualan Jilid 3 halaman 523 sampai dengan 610. Dan bapak sarankan kalian sudah mempotocopy.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Juni 7, 2012 by in Modul.
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: